Posted by DKT OTOMOTIF on Monday, February 4, 2019
Cara Kerja Mesin 2 Tak Dan 4 Tak – Campuran bahan bakar
dan udaran didalam karburator dialirkan ke ruang bakar melalui saluran
hisap didalam ruang bakar campuran bahan bakar dan udara dibakar oleh
api yang dipercikan dari busi ketika piston bergerak ke atas campuran
bahan bakar dan udara dikompresi sehingga mudah terbakar.
Sehingga
mengakibatkan suhu dan tekanan pada silinder meningkat. Poros engkol
meneruskan tenaga yang dihasilkan menjadi tenaga gerak putar atau torsi
untuk memutar mesin. Gas hasil pembakaran yang tidak diperlukan harus
dibuang dan bahan bakar baru masuk keruang bakar hal ini diatur oleh ke
katup-katup dan lubang-lubang saluran.
Siklus Mesin
Agar
mesin tetap hidup langkah kerja yang dibutuhkan untuk pembakaran harus
dilakukan secara berulang dan terus menerus pertama, campuran bahan
bakar dan udara dimasukkan ke silinder dan dikompresikan selanjutnya
hasil pembakaran menghasilkan daya/tenaga dorong gas hasil pembakaran ke
luar dari ruang pembakaran ke empat langkah pemasukan, kompresi, usah
dan pembuangan ini berulang-ulang pada satu dari ke empat langkah
tersebut adalah siklus.
Konstruksi Dasar Mesin 2 Langkah
Keuntungan Mesin 2 Langkah
Mesin
2 langkah hanya memerlukan 1 kali putaran poros engkol untuk
menyelesaikan 1 siklus didalam cylinder usaha ( langkah tenaga )
dihasilkan setiap putaran poros engkol.
- Piston bergerak ke atas dan ke bawah sehingga membuka dan
menutup lubang pemasukan pembuangan dan transfder yang berada pada
cylinder
- Gerakan piston ini sebagai klep dan tipe ini disebut mesin piston valve
- Untuk menyelesaikan 1 siklus diperlukan 1 kali putaran poros engkol ( 2 kali gerakan piston )
- Campuran
udara dan bahan bakar dikompresikan 2 kali setiap putaran kompresi
pertama ( kompresi pendahuluan didalam ruang engkol ) campuran ditarik
didalam ruang engkol dikompresikan selanjutnya masuk keruang bakar
- Kompresi kedua ( kompresi didalam cylinder dan ruang pembakaran )
- Campuran yang dikompresikan mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi.
- Piston bergerak ke atas dan ke bawah sehingga membuka dan
menutup lubang pemasukan pembuangan dan transfder yang berada pada
cylinder
- Gerakan piston ini sebagai klep dan tipe ini disebut mesin piston valve
- Untuk menyelesaikan 1 siklus diperlukan 1 kali putaran poros engkol ( 2 kali gerakan piston )
- Campuran
udara dan bahan bakar dikompresikan 2 kali setiap putaran kompresi
pertama ( kompresi pendahuluan didalam ruang engkol ) campuran ditarik
didalam ruang engkol dikompresikan selanjutnya masuk keruang bakar
- Kompresi kedua ( kompresi didalam cylinder dan ruang pembakaran )
- Campuran yang dikompresikan mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi.
Langkah pembuangan dan kompresi pertama
Didalam
ruang bakar tekanan gas bertambah sehingga mendorong piston menutup
lubang pemasukan campuran udara dan bahan bakar di ruang engkol
terkompresi ( kompresi primer ) dan ketika piston bergerak ke bawah (
TMB ) Lubang pembuangan terbuka dan gas sisa pembakaran yang bertekanan
tinggi dibuang melalui lubang pembuangan dan tidak semua sisa pembakaran
dibuang ada sisa yang tertinggal dibagian atas piston.
Langkah pembuangan dan langkah pembilasan
Ketika
piston bergerak ke TMB campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan
tinggi pada ruang engkol mengalir ke ruang kompresi menuju ke lubang
pembilasan dan menekan gas sisa pembakaran. pada saat yang sama ruang
pembakaran dimasuki oleh campuran udara dan bahan bakar baru.
Pada
saat piston sampai di TMB dan bergerak ke atas lubang pembilasan
tertutup sehingga terjadi pembilasan yang sempurna. Pada saat piston
mulai bergerak kaatas dari titik mati bawah lubang pembuangan tertutup
dan mulai langkah kompresi pada ruang pembakaran didalam ruang engkol
naiknya piston menyebabkan tekanan berkurang sehingga ruangan tersebut
menjadi vacum dan terjadi langkah pemasukan maka lengkap satu siklus.
Konstruksi Mesin 4 Tak
–
Mesin
4 tak memerlukan 2 putaran poros engkol ( 4 gerakan piston ) untuk
menyelesaikan 1 siklus didalam cylinder usaha ( langkah tenaga ) terjadi
setiap 2 kali putaran poros engkol
- Silinder
mempunyai 2 klep pemasukan dan pengeluaran kedua klep ini bekerja
menurut gerakan piston naik dan turun silinder tidak mempunyai lubang.
- Oleh karena itu semua peristiwa ini diselesaikan diruang pembakaran yang berada diatas silinder
- Untuk membuka dan menutup klep ada mekanis kontrol diatas kepala silinder yang digerakkan oleh poros engkol.
Cara Kerja Mesin 4 Tak/4 Langkah
Langkah pemasukan ( intake )
Sewaktu
piston bergerak ke titik mati bawah ( TMB ) diruang pembakaran menjadi
vakum dan klep pemasukan terbuka sehingga campuran gas dari karburator
masuk ke dalam silinder ( ruang bakar ) untuk meningkatkan efisiensi
pemasukan campuran bahan bakar dan udara katup pemasukan terbuka sesaat
sebelum titik mati atas ( TMA ) dan menutup setelah titik mati bawah (
TMB ).
Langkah kompresi
Sewaktu piston bergerak keatas ( ke TMA ) kedua klep tertutup campuran bahan bakar diruang bakar dikompresikan.
Langkah usaha
Sebelum
akhir langkah kompresi busi memercikan bunga api dan membakar campuran
bahan bakar dan udara yang dikompresikan campuran terbakar sangat cepat
dan tekanan pembakaran mendorong piston kebawah selanjutnya memutar
poros engkol melalui batang piston.
Langkah pembuangan
Sebelum
piston mencapai titik mati bawah ( TMB ) Klep pembuangan terbuka dan
gas sisa pembakaran mengalir keluar sewaktu piston mulai naik dari TMB
mendorong gas pembakaran yang masih tertinggal setelah piston melewati
TMA klep pengeluaran tertutup dan campuran mulai mengalir kedalam
silinder.