Posted by DKT OTOMOTIF on Thursday, July 2, 2015
TURBOCHARGER mungkin kita
sering mendengar istilah tersebut untuk kendaraan Diesel meskipun
sebenarnya Turbocharger dapat di aplikasikan tidak hanya di mesin diesel
saja, tetapi kenapa sampai saat ini Turbo Charger banyak digunakan
hanya di Mesin diesel saja?? Nah itu yang akan kita bahas lebih dalam,
Apa dan bagai mana serta cara kerja Trubo Charger.
Turbo Charger sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah kompresor pada
umumnya yang merupakan alat mekanik yang berfungsi meningkatkan tekanan
fluida mampu mampat. Jika dalam pelajaran Mekanikan fluida dan rekayasa
mekanika Teknik Mesin alat ini secara prinsip kerja sama dengan Pompa
untuk merubah tekanan agar fluida dapat berpindah dari tekanan tinggi
ke tekanan rendah, akan tetapi perbedaannya pada Fluida yang di
pindahkan berbeda, untuk pompa mengalirkan Fluida berupa cairan
sedangkan kompresor untuk memindahkan fluida berupa gas.
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari
turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan.
Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran
tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang
memasuki mesin.
Q: Lalu mengapa Turbocharger tidak diterapkan di Mesin dengan berbahan bakar bensin?
A: Karena mesin bensin memiliki rasio putaran yang tinggi oleh karena
itu untuk menggunakan turbocharger rasio kompresi harus direndahkan
(agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah
knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada
tenaga rendah dan itu merupakan sebuah kerugian di mesin bensin.
Sedangkan kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang
dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan
tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan
keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin.
Cara kerja Turbocharger
Gas buang dari mesin mengalir menuju ke pembuangan (muffler) dialihkan
menuju sebuah turbin dengan tujuan untuk memutar sudu / baling - baling
turbin yang di hubungkan dengan shaft / poros kompresor. Kompresor
berfungsi menghisap udara dari luar dan meningkatkan tekanan udara
kemudian di alirkan menuju intake manifold sehingga udara dalam ruang
pembakaran menjadi bertekanan tinggi sehingga kadar udara yang masuki
dalam ruang silinder menjadi lebih besar dan daya meningkat.
Seringkali mesin bekerja melebihi kapasitas sehingga kemungkinan terjadi
kelebihan kompresi udara oleh karena itu turbocharger di lengkapi
dengan pengatur level udara yang masuk.
Jadi pada intinya Turbocharger adalah sebuah instrumen untuk memaksa
udara masuk lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga daya yang
dihasilkan menjadi lebih besar, lebih jelasnya lihat gambar.
Keuntungan Turbocharger:
1. Responsif
2. Ekonomis Bahan Bakar
3. Ramah lingkungan
4. Fun (menyenangkan)
Kekurangan Turbocharger
1. Membutuhkan perawatan ekstra terutama pelumasan
2. Menambah berat kendaraan
3. Boros Oli
Kesimpulan :
Turbocharger sangat menguntungkan
Tips Perawatan Turbocharger
- Service secara rutin
- Menggunakan oli yang direkomendasi
- Pilih bengkel yang benar-benar ahli dalam perawatan turbo
- Periksa setiap kebocoran oli, suara-suara aneh dan getaran yang tidak wajar.
- Power kurang, suara keras, asap biru atau hitam, kemungkinan mengindikasikan masalah pada mesin, bukan turbo.